7 Khasiat Tersembunyi Daun Kelor Untuk Tubuh - YUKITON.COM

Sederet informasi berbagai macam perkembangan teknologi terbaru, otomotif, artikel kesehatan, lifestyle, dan lain sebagainya.

Terbaru

5 April 2020

7 Khasiat Tersembunyi Daun Kelor Untuk Tubuh

Selama ini masyarakat Indonesia mengenal daun kelor sebagai tanaman penangkal gangguan mistis. Namun, daun kelor juga diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang sangat bermanfaat pada masa pandemi virus corona seperti sekarang ini. Seperti diketahui, dengan kekebalan tubuh baik, potensi terpapar virus corona bisa makin kecil.

Selama ini masyarakat juga memanfaatkan daun kelor sebagai bahan makanan sehari. Dilansir dari WHO, mengonsumsi daun kelor membantu perkembangan tubuh dan menjadi bahan obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Daun kelor kaya akan vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C, mineral, dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya.

Selain itu, kandungan polifenol dalam daun kelor memiliki sifat melawan kanker dan dapat mengurangi risiko seperti penyakit jantung dan diabetes. Daun kelor bisa dikonsumsi secara mentah, diolah menjadi teh, hingga menjadi masakan sayur bening. Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori.

WHO sampai menjuliki daun kelor sebagai miracle tree karena khasiat yang terkandung di dalamnya. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh. Nutrisi yang dimiliki daun kelor, membuat manfaat tanaman ini selalu diminati pencinta herbal.
Tak hanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah terpapar COVID-19, daun kelor memiliki beberapa manfaat lagi bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya, dirangkum Bola.com dari berbagai sumber:

1. Agen antioksidan

Daun kelor memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Sifat antioksidan yang tinggi mampu meningkatkan daya tahan tubuh lebih kuat sehingga mampu menangkal berbagai penyakit, seperti serangan penyakit kronis. Mengonsumsi daun kelor mampu menurunkan risiko terjangkit penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

2. Mengatasi stres

Kandungan asam amino tripofan yang ada dalam daun kelor berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Jika Anda mengalami stres, otomatis imunitas tubuh turun.

3. Agen Antibakteri

Selain memiliki sifat antioksida, daun kelor juga memiliki sifat antibakteri. Sifat antibakteri yang ada dalam daun kelor mampu menghambat perkembangan mikroorganisme berbahaya yang ada dalam tubuh. Mikroorganisme yang berkembang dalam tubuh mampu merusak jaringan dalam tubuh dan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

4. Mengatasi peradangan

Mengonsumsi daun kelor mampu meredakan peradangan yang ada di dala tubuh. Kandungan isotiosianat yang berperan sebagai zat antiinflamasi.

5. Mengatur kadar kolesterol

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi daun kelor mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan zat hiocarbamate glikosida dan nitrile yang ada dalam daun kelor juga berperan sebagai menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

6. Mengatasi diabetes

Daun kelor dipercaya mampu atasi diabetes karena kandungan insulin alami yang ada di dalamnya. Mengonsumsi daun kelor bisa mencegah penyakit gula dan mengurangi kadar gula dalam darah menjadi stabil.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain berguna untuk mengatasi stres, kandungan asam amino pada daun kelor juga berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada dalam daun kelor berfungsi efektif memperbaiki segala kerusakan pada jaringan tubuh dan proses pertumbuhan. Rutin mengonsumsi daun kelor, Anda akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan terhindar dari risiko terjangkit berbagai penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman